Senin, 20 Mei 2013

Renungan Harian Keluarga (RHK) Senin, 20 Mei 2013

Janji Yang Inklusif (=untuk semua)
Yoel 2 : 28,29
Ada janji yang hanya dapat diberikan kepada orang tertentu. Sepasang suami-istri saling berjanji untuk membina keluarga dalam kasih setia dan kasih saying sepanjang kehidupan mereka. Janji seperti itu adalah janji yang eklusif, yaitu tidak untuk orang lain selain suami-istri sendiri.
Dalam bacaan Alkitab ini Nabi Yoel menyampaikan bahwa janji pemberian Roh Kudus adalah janji Allah kepada semua manusia ( janji yang inklusif). Kalau sebelumnya pemberian Roh Kudus diperuntukkan bagi orang-orang khusus pada kesmpatan khusus untuk tugas-tugas khusus seperti: imam, nabi dan raja. Maka dihari-hari terakhir, yaitu hari Tuhan, Allah mencurahkan Roh Khudus kepada anak laki-laki dan perempuan, teruna dan orang tua, hamba laki-laki dan perempuan. Semua umat Tuhan akam menjadi nabi. Mereka akan bernubuat, mendapat mimpi dan mendapat penglihatan-penglihatan.
Dengan pemberian Roh Khudus, maka umat Tuhan akan melaksanakan panggilan profetis/kenabian; menjadi penyambung lidah Allah. Mengatakan dan menyatakan apa yang menjadi kehendak Allah bagi manusia.
Keluarga Kristen juga berlaku untuk kita. Allah memberkati karunia-karunia terbaik kepada setiap anggota keluarga untuk diperdayakan dan dikembangkan menjadi berkat bagi orang lain, dan menjadi saluran kasih Allah bagi dunia. Anak-anak pun dapat turut mengambil bagian dalam tugas ini, termasuk dalam memimpin ibadah. Oleh karena itu marilah kita mengajarkan dan membiasakan anak kita untuk memimpin doa, menjalankan persembahan dan membawahkan pujian kepada Tuhan. Mulai dari keluarga, kita melatih anak-anak kita untuk berperan dalam ibadah dan menyampaikan kehendak Allah dalam ucapan dan tindakan mereka. Amin
Doa : Ya Tuhan, berikanlah kepada kami urapan-Mu yang baru agar kami dan anak-anak kami diberikan kemampuan dan keberanian untuk bersaksi dan melayani di tengah dunia ini. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar