Selasa, 19 Februari 2013

Renungan Harian Keluarga (RHK) Selasa, 19 Pebruari 2013

Tuhan Sumber Kehidupan
Ulangan 8 : 1 - 18
Umat Israel diingatkan agar tidak menjadi tinggi hati karena menganggap keberhasialan yang diraih semata-mata  adalah hasil usaha mereka. Perjalanan dipadang gurun adalah saat dimana Tuhan menempa mereka dengan berbagia situasi  yang sulit dank eras. Orang Israel diajak untuk dapat memahami bahwa keadaan tersebut adalah bagian dari campur tangan Tuhan untuk membentuk mereka menjadi bangsa yang bermartabat dan terhormat sebagai bangsa pilihan-Nya.
Bangsa Israel yang semula adalah  bangsa yang tergar tengkuk, angkuh dan tinggi hati memalui segenap peristiwa yang teralamai telah berubah menjadi bangsa yang memiliki kerendahan hati.
Mereka harus menyadari bahwa tangan Tuhan selalu berpengapa dengan setiap keadaan yang berlaku atas mereka, oleh sebab itu kehidupan  setiap bangsa Israel hendaknya selalu berpadanan dengan Tuhan sumber kehidupan. Kehidupan segenap bangsa Israel haru selalu tertuju kepada Tuhan buka kepada hal yang lain. “…untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan Tuhan” (Ul 8:3)
Begitu pula halnya dengan kedirupan orang percaya dewasa ini mengalami situasi yang sama dengan umat Israel ketika dipadang gurun. Tidak jarang dijumpai kehidupan kita yang terombang ambing dengan semaraknya kehidupan ini dan membuat kita kehilangan pegangan hidup. Seakan-akan tujuan hidup ini menjadi kabur dan tidak jelas, dari mana dan mau kemana ? oleh berbagai peristiwa yang terjadi telah membuat kita lupa bahwa sesungguhnya kita berasal dari Tuhan dan menuju kembali kepada Tuhan. Oleh sebab itu bagian renungan hari ini mau mengajak dan mengingatkan kita untuk kembali melihat kepada Tuhan dan mau mengarkan hidupn ini kepada-Nya serta mau melakukan segenap firman-Nya sebab “ Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang dicupakan Tuhan.” Firman Tuhan mengubah segalanya, Dia-lah sumber kehidupan ini, mari dan datanglah kepada-Nya. Amin
Doa : Ya Tuhan sumber hidupku, bimbinglah kami untuk selalu hidup di dalam Firman-Mu setiap saat da jangan biarkan kami melupakan-Mu di setiap perkara hidup ini. Kami percaya bahwa Engaku senantiasa menjaga dan memlihara kami dalam suka maupun duka. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar