Senin, 18 Maret 2013

Renungan Harian Keluarga (RHK) Senin, 18 Maret 2013

Terdakwa?
Matius 27:11-14
Pasti semua orang tidak ingin menjadi terdakwa, apalagi kalau kita tidak bersalah! Menjadi terdakwa adalah hal yang tidak mudah, banyak gejolak yang terjadi, baik iman (ketaatan), mental (emosi),dan relasi (kerabat). Ketika Yesus diperhadapkan pada Pilatus dalam keadaan tak bersalah, terlihat ada banyak tekanan baik dalam dirinya maupun dari orang Yahudi. Pilatus bertanya: Bukankah Engkau Raja? Gejolak takut tersaingi nampak dari pertanyaan itu, walaupun ini juga dijadikan alasan orang Yahudi yang dipolitisir. Jawaban Yesus penuh wibawa, engkau sendiri yang mengatakannya. Ini membuatnya bingung apalagi banyak tuduhan yang disampaikan pada Yesus dan Ia tetap diam dan tidak membela diri. Sungguh luar biasa dan mengherankan!
Keluarga Kristen, firman ini mengajak kita untuk tidak pernah ragu dan takut ketika iman kepada Tuhan diperhadapkan pada kekuatan kelompok dan kekuasaan duniawi yang mau menghancurkan kita. Sejarah Gereja mencatat ada begitu banyak pejuang iman yang tetap kokoh menghadapi berbagai pergumulan. Tuhan tidak akan tinggal diam ketika kita tetap setia pada-Nya. Menjadi terdakwa sekalipun karena iman akan melakukan kebaikan, Tuhan Yesus telah menunjukkan wibawa dan kualitas ketaatan-Nya, kitapun harus demikian. Amin.

Doa: Tuhan Yesus, tolong kami supaya kami tidak menjadi terdakwa karena kebenaran, tapi kalau itu menjadi kehendak-Mu teguhkan dan kuatkan iman kami agar kami mampu menjalaninya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar