Jumat, 26 April 2013

Renungan Harian Keluarga (RHK) Jumat, 26 April 2013

Menjadi Aktivis Kristus
Roma 12 : 13 – 16
Bagian ini adalah nasihat rasul Paulus yang mengajarkan pengikut Kristus dalam berelasi dengan sesamanya. Dengan gamblang rasul Paulus menjelaskan siapa sesama itu dalam bagian ini. Sesama kita adalah : (1) orang-orang kudus. (2) orang yang menganiaya kamu. (3) orang yang bersukacita. (4) orang yang menangis.
Hal ini menunjukan kalau sesama itu adalah semua orang yang melampaui batas-batas ras, etnis dan agama, demikian pula melampaui relasi “kawan-musuh”. Pesan untuk membantu orang kudus, memberkati si penganiaya, “bersukacita dengan orang yang bersukacita dan menangis dengan orang yang menangis, menunjukan keaktifan dari pesan ini. Artinya, semua pola laku ini harus dilakukan secara aktif dan terus-menerus. Orang yang aktif cenderung menjadi inisiator (penginisiatif) dalam sebuah institusi atau lembaga.
Rasul Paulus dengan pesannya ini meminta supaya pengikut Kristus menjadi aktivis yang mengiatkan usaha saling membantu, saling mengasihi, saling peduli dan saling menjaga. Para aktivis Kristus diharapkan dapa menjadi pengiat buka sekedar pemikir yang beradu kepandaian. Para aktivis Kristus diarahkan untuk memikirkan hal-hal sederhana, yaitu membantu sesama, memberkati penganiaya dan berempati dengan siap pun. Dengan kata lain rasul Paulus mengingatkan bahwa aktivitas bertindak lebih penting dari pada aktivitas berpikir yang lebih terarah pada adu kepandaian. Amin

Doa : Tuhan Yesus, jadikan kami aktivis-aktivis Kristus baik di tengah keluarga, Gereja dan masyarakat. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar