Jumat, 31 Mei 2013

Renungan Harian Keluarga (RHK) Jumat, 31 Mei 2013

Bersedia Mendengar Tanda dari Tuhan
1 Yohanes 4 : 6

Jemaat penerima surat ini diperhadapkan dengan pilihan : mana roh yang benar dan mana yang palsu. Yohanes mengingatkan jemaat itu untuk memperhatikan tanda yang membedakan atara roh kebenaran dan roh menyesatkan.
Cara membedakan dua roh itu adalah bagaimana mendengar perkataan rasul. Jika mendengarkan perkaatan rasul, itu pertanda roh kebenaran. Kata “mendengar” ( Yunani: “estuo”) berarti: mendengar, memperhatikan, mentaati, memilih memutuskan. Biasanya dalam suatu perkara di pengadilan Romawi, seorang hakim akan memperhatikan keterangan saksi-saksi dan akan mendengarkan dan memutuskan mana yang benar dan mana yang salah.
Memilih di antara banyak pilihan perlu tanda. Ada banyak tanda, tapi bacaan ini menasehati kita untuk jangan mengabaikan kesediaan saling mendengar. Salah satu prinsip dalam iman Kristen adalah ketaatan. Ketaatan berhubungan erat dengan kesediaan untuk mendengarkan. Seorang anak yang taat akan Nampak dari kesediaannya untuk mendegar pengajaran orang tua pada hal-hal yang baik berdasarkan firman Tuhan. Suami-istri yang mengasihi Nampak dari kesediaan untuk saling mendengarkan.

Kesediaan saling mendengar, bukan saja menjadi salah satu perwujudan pengenalan akan Tuhan dalam keluarga, tetapi juga dalam kehidupan berjemaat dan bermasyarakat. Warga dan pimpinan Gereja yang berintegrasi nampak dari saling mendengarkan satu sama lain. Amin

Doa : Tuhan berilah kepada kami telinga yang setia mendengar kehendak-Mu. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar